Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Teks Berjalan Html Marquee


HTML ada banyak mempunyai instruksi yang disebut tag-tag dalam penulisan dokumen HTML untuk menciptakan sebuah halaman web, salah satunya yang akan kita bahas yaitu Marquee.

Apa Itu Marquee ?
Marquee yaitu instruksi perintah pada Html yang dipakai untuk menciptakan teks atau tulisan berjalan pada halaman web, goresan pena berjalan tersebut sanggup dari arah kiri ke kanan, kanan ke kiri, atas kebawah, bawah keatas begitu juga kecepatan pergerakan goresan pena tersebut sanggup diatur dari tag nya eksklusif dan ada beberapa lagi yang akan eksklusif aku kasih rujukan di bawah.

Gimana Cara Membuatnya ?
Okeee.. cara menciptakan nya akan sangat gampang bila temen-temen sudah mengerti dan sudah pernah mempelajari apa itu HTML ?

Contoh instruksi murni marquee ibarat dibawah ini : 
<marquee> ketik goresan pena yang akan ditampilkan disini </marquee>
Teks atau goresan pena yang akan kita tampilkan di halaman web ditulis diatara tag <marrquee> tersebut.

Untuk macam-macam instruksi HTML temen-temen sanggup lihat DISINI

Temen-temen sanggup juga copy paste dari sini bila ingin menciptakan goresan pena berjalan sesuai dengan yang temen-temen inginkan.


<marquee> ketik goresan pena yang akan ditampilkan disini </marquee>

Hasilnya akan tampak ibarat dibawah ini :
ketik goresan pena yang akan ditampilkan disini 

 <marquee scrollamount="3"> Ketik goresan pena yang akan ditampilkan disini </marquee>

Hailnya akan tampak ibarat dibawah ini :
ketik goresan pena yang akan ditampilkan disini 
 
Keterangan : Tag marquee ditambahkan dengan atribut scrollamount="3", angka 3 mengatakan kecepatan, silahkan temen-temen ganti sendiri angka tersebut sesuai harapan temen-temen.

 <marquee scrolldelay="300"> Ketik goresan pena yang akan ditampilkan disini </marquee>

Hasil akan tampak ibarat dibawah ini :
ketik goresan pena yang akan ditampilkan disini  

Keterangan : Tag marquee ditambahkan dengan atribut scrolldelay="300", angka 300  yaitu mengatakan waktu gerak pada teks atau goresan pena yang ditampilkan (300 = 0.3 detik), temen-temen akan lihat teks atau goresan pena berjalan tersebut berhenti sebentar kemudian bergerak lagi, ganti angka sesuai harapan temen-temen.

<marquee direction="right"> Ketik goresan pena yang akan di tampilkan disini </marquee>

Hasilnya akan tampak ibarat dibawah ini :
ketik goresan pena yang akan ditampilkan disini  

Keterangan : Tag marquee ditambahkan dengan atribut direction="right",  atribut direction ini berfungsi sebagai arah ( dari mana mau kemana ), Right artinya kanan maka teks akan berjalan ke arah kanan. temen-temen juga sanggup mengganti "right" tersebut dengan arah yang berbeda, ( UP untuk mengarah dari bawah keatas, Down dari atas ke bawah ). Silahkan ganti sesuai kebutuhan temen-temen.

<marquee behavior="alternate"> Tulisan Bolak Balik </marquee>

Hasil akan tampak ibarat dibwah ini :
Tulisan Kebingungan Mondar Mandir

Keterangan : Tag marquee ditambahkan dengan atribut behavior="alternate" , atribut tersebut berfungsi menciptakan taks atau goresan pena ibarat orang kebingungan mondar mandir alias bolak balik. temen-temen juga sanggup mengganti gaya gerakan dari atribut behavior tersebut dengan Scroll = goresan pena akan kembali dengan cepat kemudian Slide = goresan pena berjalan kemudian berhenti di simpulan perjalanan.

<marquee bgcolor="skyblue"> Ketik goresan pena yang akan di tampilkan disini </marquee>

Hasil akan tampak ibarat dibawah ini :
ketik goresan pena yang akan ditampilkan disini  

Keterangan : Tag marquee ditambahkan dengan atribut bgcolor="skyblue" , bg artinya background dan color artinya warna kesimpulan bgcolor  yaitu warna latar belakang pada goresan pena tersebut. sedangkan skyblue yaitu warna yang akan kita tampilkan. temen-temen sanggup mengganti warna sesuai harapan temen-temen. Misalnya Red = Merah, Yellow=Kuning, Green= Hijau.

<marquee direction="up" scrollamount="3" align="center" behavior="alternate"width="100%"><marquee direction="right" behavior="alternate">Ketik goresan pena yang akan ditampilkan disini </marquee></marquee>

Hasil kan tampak ibarat dibawah ini :

Ketik goresan pena yang akan ditampilkan disini

Keterangan : Tulisan atau teks diatas yaitu kombinasi dari beberapa atribut di dalam marquee, artinya temen-temen sanggup menciptakan sesuai harapan temen-temen. goresan pena yang tampak pada layar diatas ibarat mengambang dan memantul-mantul di dalam sebuah ruangan. Sedikit aku tambahkan untuk keterangan dari tampilan diatas :
align="center" = mengartikan bahwa teks akan berjalan ke tengah (berada ditengah)
Width="100%" mengartikan lebar dari ruang penampung teks atau goresan pena tersebut.
yang leinnya temen-temen niscaya uda tau karna sudah aku jelaskan pada setiap tampilan keterangan.

Perlu temen-temen ketahui bila temen-temen ingin menciptakan goresan pena tersebut dengan kecepatan gerak yang temen-temen inginkan, temen-temen tinggal menambahkan atribut Scrolamount="isi dengan angka" . Sebagai rujukan penulisan lihat dibawah :

1. <marquee direction="right" scrollamount="1"> Ketik goresan pena yang akan di tampilkan disini</marquee>

2. <marquee behavior="alternate"  scrollamount="2" > Tulisan Bolak Balik </marquee>

3. <marquee bgcolor="skyblue" scrollamount="3"> Ketik goresan pena yang akan di tampilkan disini </marquee>

Tulisan atau teks ini akan mempunyai ukuran kecepatan untuk disesuaikan, silahkan temen-temen kombinasikan maka secara eksklusif temen-temen akan paham penggunaan nya dengan mempraktekkannya eksklusif dengan hasil.

Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat bagi temen-temen dimanapun berada demi kelancaran berguru dan kenutuhan temen-temen.