Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tipe Data Actionscript 3 Di Adobe Flash Cs3 Yang Harus Kalian Tahu

Tipe Data ActionScript 3

Tipe Data merupakan sebuah fitur yang harus ada dalam setiap bahasa pemrograman, termasuk Actionscript 3 yang menyediakan fitur yang hampir sama dengan bahasa pemrograman lainnya, yaitu tipe data actionscript 3 dan variabel actionscript 3. Kita sanggup melaksanakan manipulasi terhadap data yang ada dengan memakai actionscript 3. Ciri – ciri ini mungkin sudah temen – temen temui di bahasa pemrograman lainnya.

 merupakan sebuah fitur yang harus ada dalam setiap bahasa pemrograman Tipe Data ActionScript 3 di Adobe Flash CS3 yang Harus Kalian Tahu

Fungsi Tipe Data ActionScript 3 di Adobe Flash CS3

Berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya, actionscript 3 menyediakan tipe data tertentu yang sanggup digunakan. Tipe data actionscript 3 ini sanggup diolah dengan memakai fungsi dari variabel, sehabis dilakukan pendeklarasian variabel. Tetapi, sebelum mengetahui wacana Tipe Data di Adobe Flash CS3, terlebih dahulu ada dasar dasar yang harus temen - temen ketahui dalam actionscript 3 adobe flash CS3 di 3 Dasar yang Harus Deiketahui Agar Cepat Menguasai ActionScript 3 di Adobe FLash CS3.


Inilah Beberapa Tipe Data ActionScript 3 di Adobe Flash 3

Beberapa tipe data actionscript 3 yang sanggup digunakan dalam actionscript 3 di adobe flash cs3 ialah sebgai berikut:


String, yaitu kumpulan karakter sanggup berupa huruf, angka, ataupun simbol. Penggunaannya harus berada diantara tanda petik dua (“....”) atau diantara petik satu (‘....’);. Kalimat apapun yang berada diantara tanda petik dua atau petik satu, akan dibaca sebagai karakter.

Contoh penulisan string dalam actionscript 3

nama = “sayadodo.blogspot.com”;



Number, yaitu data numerik yang secara default merupakan tipe data float. Tipe data float merupakan tie data desimal, sehingga sanggup dikatakan tipe data Number merupakan tipe data yang sanggup diberikan nilai desimal. Penggunaan koma yang biasanya digunakan dalam desimal, diganti dengan titik. Jadi, temen – temen harus memakai titik untuk menciptakan bilangan desimal.

Contoh penulisan Number dalam actionscript 3

angka = 12.4;



Integer dan unsigned integer, yaitu data yang secara default merupakan bilangan bulat. Bilangan lingkaran terdiri dari bilangan kasatmata dan bilangan negatif. Perbedaan antara integer dan unsigned integer ialah untuk integer sanggup berisikan bilangan lingkaran kasatmata fan bilangan lingkaran negatif, sedangkan unsigned integer hanya berisikan bilangan lingkaran kasatmata saja. Penulisan sama ibarat Number, alasannya ialah intinya mempunyai golongan data numerik.

Contoh penulisan integer dan unsigned integer actionscript 3

a = -3;
b = 4;



Boolean, tipe data boolean hanya terdiri dari 2 buah kondisi, yaitu kondisi yang mempunyai nilai benar atau true dan kondisi yang bernilai salah atau false. Didalam actionscript 3, sebuah kondisi dikatakan benar apabila mempunyai nilai lebih dari 0. Sedangkan, kondisi yang salah harus mempunyai nilai 0. Tidak diharuskan sebuah tipe data boolean memakai fungsi logika.



Object, tipe data ini merupakan sebuah tipe data yang bersal dari kumpulan atribut, sampai mendefinisikan sebuah objek yang ditunjuk. Sebuah objek sanggup terdiri dari banyak atribut. Misalkan objek siswa, terdiri dari nama, kelas, nilai, alamat, dll., sehingga menunjukkan sebuah objek seorang siswa yang spesifik dengan nama tertentu, alamat tertentu, dll.



Shape, tipe data ini merupakan sebuah tipe data yang sanggup menyimpan data sebuah gambar vektor. Hampir sama ibarat tipe data object, tipe data shape mempunyai atribut yang digunakan sebagai spesifikasi untuk menciptakan objek tertentu. Misalkan data lingkaran, maka dalam shape sanggup menyimpan bentuk objek, warna, posisi objek, garis tepi, dll.



MovieClip, sebuah tipe data yang berafiliasi dengan elemen grafis. Dengan memakai tipe data movieclip, temen – temen sanggup melaksanakan kontrol terhadap sebuah objekgrafis dengan memakai sebuah event atau sebuah acara yang terjadi pada ketika kita menginputkan sesuatu atau masukan. Sebuah event atau masukan sanggup digunakan baik dengan memakai keyboard, mouse, dll.



Sprite, Tipe data ini merupakan campuran dari penggunaan movieclip dan shape. Tipe data ini sanggup menyimpan nilai keduanya, sehingga terdapat sebuah shape yang sanggup dikontrol memakai event.



Null, merupakan sebuah nilai dari variabel. Variabel bernilai null ketika tidak menyimpan data apapun. Value null digunakan dalam waktu tertentu, yang membutuhkan identifikasi nilai terhadap suatu variabel.



Undefined, merupakan sebuah nilai dari variabel yang belum mempunyai nilai dan belum ditentukan tipe data variabelnya, sehingga apabila terdapat variabel ibarat itu, maka pada ketika dikeluarkan akan bernilai undefined.



Konstanta, merupakan sebuah variabel yang hanya sanggup diisikan nilai satu kali. Apabila telah terdefinisikan, variabel ini tidak akan pernah sanggup diganti nilainya.



Itu tadi beberapa tipe data yang terdapat di actionscript 3 adobe flash CS3. Setelah mengetahui wacana tipe data ini, temen - temen sanggup berguru wacana ActionScript 3 di Adobe Flash lainnya. Semoga Bermanfaat.