Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Media Pembelajaran Interaktif - Menciptakan Tombol Adobe Flash

Media pembelajaran merupakan sebuah alat yang sanggup dipakai untuk membantu seorang pengajar dalam memberikan bahan pembelajaran kepada pembelajar atau akseptor didik. Media pembelajaran interaktif sanggup menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan pada akseptor didik, sehingga diharapkan akseptor didik bisa untuk lebih berkonsentrasi dalam melaksanakan proses belajar.


Adobe flash merupakan sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang sanggup dipakai untuk menciptakan sebuah media interaktif. Dalam menciptakan sebuah media pembelajaran yang interaktif dibutuhkan proses yang panjang dan dilakukan secara terus menerus untuk semakin meningkatkan kemahiran dalam menciptakan media tersebut.


Alangkah baiknya teman - teman sebelum menciptakan media interaktif menciptakan tombol di adobe flash, temen - temen harus mempelajari dulu dasar dari adobe flash itu sendiri serta pengertian dari media interaktif itu sendiri. Temen - temen sanggup request bahan wacana menciptakan media interaktif atau wacana tutorial adobe flash dengan actionscript 2.0 ataupun actionscript 3.0.


Apabila temen - temen sudah ahli dalam mebuat media interaktif dengan memakai adobe flash temen - temen sanggup mengunjungi channel youtube saya di Tutorial Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Adobe Flash. Disana tidak hanya menciptakan media interaktif menciptakan tombol dengan adobe flash saja, tetap juga lainnya. Okey eksklusif saja ke tutorialnya ya.



Tutorial menciptakan tombol interaktif untuk Media Pembelajaran dengan adobe flash:

Contoh Hasil dari Membuat Tombol untuk Media Pembelajaran dengan Adobe Flash CS3

Hasil yang akan kita buat yakni menyerupai gambar di bawah ini




Langkah - langkah menciptakan tombol untuk Media Pembelajaran Interaktif

Saya membagi dua buah langkah utama yang harus di lalui. Pertama yaitu menciptakan ganjal atau bab bawah dari tombol, kedua menciptakan tombol utama yang berada di atas alas.


Membuat Alas Tombol untuk Media Pembelajaran Flash Interaktif

Pertama, temen - temen menciptakan lembar kerja gres atau scene gres di Adobe Flash. Setelah menciptakan scene gres temen - temen sanggup memilih ukuran scene sesuai dengan yang diinginkan.



Kedua, temen - temen menciptakan sebuah kotak dengan memakai primitive tools. Letak primitive tools pada adobe flash terdapat pada daerah berikut.




Ketiga, pilih outline dan warna dari tombol yang akan dibuat. Warna dan outline mempunyai bayak variasi warna yang disediakan oleh adobe flash.




Buatlah sebuah rectangle yang telah diberi warna dengan cara melaksanakan drag pada scene atau lembar kerja dari Adobe Flash CS3.



Selanjutnya yakni melaksanakan pengaturan terhadap point yang terdapat pada setiap tepi dari objek yang dibuat. Setiap penarikan point berfungsi untuk mengatur setiap sisi lengkung dari objek. Tarik pada bab tepi sehingga tampilan kotak akan melengkung pada bab tepi.



Selanjutnya copy objek yang telah dibentuk tadi. Setelah itu paste pada bab lain di dalam scene. Lalu ganti warna dengan warna yang lebih terang. Karena untuk menciptakan pengaruh shadow pada tombol.



Selanjutnya pindah hasil copyan ke atas tombol yang berwarna lebih gelap. Seperti gambar dibawah ini.



Setelah itu blok kedua objek tersebut kemudian kita copy atau duplikat kemudian paste di daerah lain dalam satu scene.




Membuat Tombol Utama untuk Media Pembelajaran Flash Interaktif

Selanjutnya blok salah satu objek kemudian sehabis itu perkcil ukuran dari objek yang lainnya. Kemudian ubah warna keduanya sesuai keinginan, yang berada di bab atas diubah menjadi lebih jelas daripada yang berada di bawah untuk menawarkan pengaruh bayangan pada tombol.



Copy bab atas kemudian paste 2 kali. Setelah itu drag salah satu objek dan tempatkan di bab atas dari objek sebelumnya, ubah tempatnya menjadi agak berada di atas. Kemudian ubah warna menjdadi lebih muda.




Kemudian letakkan objek lain berada di atas dari objek yg telah dirubah warnanya tadi.



Setelah simpulan langkah yang diatas kemudian blok objek yg telah dibentuk kemudian letakkan objek diatas objek yang telah diconvert sebelumnya. Lalu blok semua objek kemudian convert menjadi button. Klik kanan pada hasil blok kemudian pilih convert to kemudian pilih button, kemudian tekan OK.



Nah proses pembuatan tombol sudah selesai. Pada postingan berikutnya akan membahas wacana bagaimana cara menciptakan Link antar halaman dalam satu buah file swf di Media Pembelajaran interaktif. Teman - teman juga sanggup memesan media pembelajaran di sini juga looo. Pesan Media Pembelajaran Berbasis Flash dengan actionscript 2.0 atau actionscript 3.0.