Langkah-Langkah Penilaian Portofolio
Penilaian portofolio merupakan penilaian atas kumpulan artefak yang menunjukkan kemajuan dan dihargai sebagai hasi kerja dari dunia nyata.
Penilaian portofolio bisa berangkat dari hasil kerja siswa secara individual atau berkelompok, memerlukan refleksi peserta didik dan dievaluasi berdasarkan beberapa dimensi. Langkah-langkah dalam melaksanakan penilaian portofolio adalah:
Penilaian portofolio bisa berangkat dari hasil kerja siswa secara individual atau berkelompok, memerlukan refleksi peserta didik dan dievaluasi berdasarkan beberapa dimensi. Langkah-langkah dalam melaksanakan penilaian portofolio adalah:
a. Tahap Persiapan
1. Mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang akan diakses dengan penilaian portofolio.
2. Menjelaskan pada mahasiswa bahwa akan dilaksanakan penilaian portofolio, proses yang harus ditempuh mahasiswa, bila perlu diperlihatkan contohnya.
3. Menjelaskan bagian mana, seberapa banyak keinerja dan hasil karya yang secar minimal harus disertakan dalam portofolio, dalam bentuk apa dan bagaimana hasil karya akan diakses.
4. Menjelaskan bagaimana hasil karya harus disajikan.
b. Tahap Pelaksanaan
1. Guru mendorong dan memotivasi siswa
2. Guru mendiskusikan secara rutin dengan mahasiswa tentang proses pembelajaran yang akan menghasilkan karya siswa.
3. Memberikan umpan balik secara berkesinambungan.
4. Memamerkan keseluruhan hasil karya siswa yang disimpan dalam portofolio bersama siswa lainnya.
c. Tahap Penilaian
1. Menegakan kriteria penilaian bersama-sama atau dengan partisipasi siswa.
2. Kriteria yan disepakati dilaksanakan secara konsisten oleh dosen dan siswa.
3. Arti penting dari tahap penilaian adalah self assesment yang dilakukan oleh mahasiswa.
4. Hasil penilaian dijadikan tujuan batu bagi proses pembelajaran berikutnya.
Contoh rubrik portofolio |
Sedangkan penilaian tertulis berbentuk uraian atau esay yang menuntut siswa mampu mengingat, memahami, mengorganisasikan, menerapkan, menganalisis, mensistesis, mengevaluasi dan sebagainya atas materi yang sudah dipelajari.
Tes tertulis sebisa mungkin bersifat komperhensif sehingga mampu menggambarkan ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik.
Buatlah contoh studi kasus atau berangkat dari fenomena nyata di kehidupan lalu siswa diminta membuat analisa mendalam tentang kasus tersebut sampai muncul sebuah kesimpulan. Cari berita/kasus yang update dan memang menjadi masalah kontemporer saat ini.
Tes tertulis sebisa mungkin bersifat komperhensif sehingga mampu menggambarkan ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik.
Buatlah contoh studi kasus atau berangkat dari fenomena nyata di kehidupan lalu siswa diminta membuat analisa mendalam tentang kasus tersebut sampai muncul sebuah kesimpulan. Cari berita/kasus yang update dan memang menjadi masalah kontemporer saat ini.
Kekuatan penilaian portofolio
1. Sangat baik dilakukan dalam merefleksikan prestasi dan perkembangan diri siswa.
2. Membantu memotivasi siswa dan lebih melibatkan mereka dalam proses pembelajaran.
3. Meningkatkan kemampuan siswa untuk mengevaluasi kinerja dan produk mereka.
4. Jika penilaian portofolio digunakan dengan baik dan benar, maka dapat memperkuat hubungan antara proses pembelajaran dan penilaian
5. Portofolio dapat meningkatkan komunikasi guru dengan siswa dan orang tua siswa.