Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Basic Tutorial Blender 3D : Cara Menambah Objek Dan Mengatur Sudut Pandang




Basic tutorial blender 3D kali ini akan membahas wacana cara menambahkan objek gres dan mengatur tampilan kamera serta mengatur split tampilan lembar kerja atau scene blender 3D. Untuk lebih jelasnya wacana perangkat lunak blender 3D teman-teman sanggup melihat pada postingan saya sebelumnya. Basic tutorial blender 3D ini akan saya share acara paling dasar dalam blender, yaitu menambahkan objek baru, seleksi objek yang berada pada scene, mengatur tampilan kamera dalam scene, dan lain-lain. Hal ini saya pikir sangat penting untuk membantu teman-teman dalam meningkatkan kemampuan teman-teman semua untuk menuju tahap selanjutnya, yaitu melaksanakan blender 3D modeling, blender 3D texturing, dan lain-lain.


Untuk mengikuti basic tutorial blender 3D ini saya memakai Blender 2.75a atau versi terbaru dari blender pada ketika ini. Tetapi teman-teman sanggup memakai blender dengan versi berapapun alasannya ialah tool yang saya pakai masih sangat dasar, sehingga tidak ada perbedaan penggunaan yang besar pada setiap versinya. Apabila teman-teman ingin mengunduh blender dengan versi terbaru atau versi lainnya silahkan eksklusif unduh di website resmi Blender dengan gratis alasannya ialah blender merupakan perangkat lunak open source atau sanggup dipakai tanpa membayar. Baiklah eksklusif saja saya mulai tutorial kali ini. Berikut ialah langkah-langkah yang harus diperhatikan oleh teman-teman.
  1. Buka perangkat lunak Blender 3D dengan cara klik Start atau eksklusif klik shortcut Perangkat Blender 3D apabila telah tersedia di desktop. 
  2.  Apabila tidak terdapat shortcut di desktop, sehabis klik Start eksklusif cari perangkat lunak Blender yang terdapat pada All Program. 
  3.  Tunggu proses booting perangkat lunak Blender 3D. Lama proses booting pada perangkat lunak Blender 3D dipengauhi banyak add-ons yang terisntall dan banyak font yang terinstall di komputer teman-teman. Setelah terbuka tampilannya akan ibarat berikut. Terdapat pop up yang menawarkan project terakir dan link menuju website blender. 
  4.  Klik diluar jendela pop up biar pop up sanggup hilang dengan sendirnya. Tampilan sehabis di klik di luar pop up akan menunjukkan scene dari Blender 3D. 
  5.  Secara default scene blender berisikan 3 objek, yaitu cube, lamp, dan camera. Untuk mengetahui objek yang berada di dalam scene, teman-teman sanggup melihat option scene yang berada di sebelah kanan atas perangkat lunak Blender. Cube ialah objek 3D yang berbentuk kubus atau kotak. Lamp ialah objek lampu yang berfungsi untuk menyinari objek 3D, apabila lamp tidak dipasang maka pada ketika dirender objek tidak akan terlihat alasannya ialah cahaya tidak ada. Camera ialah objek yang bisa menawarkan gambar atau menangkap objek pada ketika dirender. Apabila tidak ada camera, maka objek tidak sanggup dirender. Saya mencoba menseleksi semua objek yang terdapat pada scene dengan melaksanakan Klik Kanan pada Objek yang ingin di seleksi atau sanggup melaksanakan pemilihan dengan melaksanakan klik nama objek pada option scene yang berada di bab kanan atas. Untuk melaksanakan seleksi dengan beberapa objek sekaligus sanggup dilakukan dengan klik kanan objek + tekan tombol Shift pada keyboard. 
  6.  Pertama kita coba menghapus objek cube dari scene. Seleksi objek cube > tekan tombol del pada keyboard > klik goresan pena Delete.
  7.  Setelah melaksanakan peniadaan pada objek, maka tampilan pada scene akan ibarat berikut. Pada scene hanya ada Lamp dan Camera. Sehingga kita harus menambahkan sebuah objek pada scene. 
  8.  Untuk menambahkan objek Klik Menu Add yang terletak diatas timeline blender 3D. 
  9.  Setalah itu, temen-temen pilih tipe objek yang akan dibuat, temen-temen juga sanggup menciptakan camera dan lamp yang gres tetapi untuk menampilkan hasil render hanya sanggup dipakai 1 camera. Pada tutorial kali ini saya memakai mesh. Klik Add > Mesh. 
  10.  Akan muncul tampilan ibarat berikut. Mungkin pada jendela Mesh teman-teman hanya tersedia beberapa sajian saja, pada tampilan Mesh pada tutorial ini, saya telah menambahkan beberapa objek. 
  11.  Pilih objek yang teman-teman inginkan. Dalam tutorial kali ini saya memakai objek monkey atau wajah dari monyet, dengan cara Klik Monkey. 
  12. Kemudian akan tampil gambar wajah simpanse ibarat gambar dibawah ini. Setelah dilihat ternyata gambarnya berada di pojok kiri atas. Trus gimana caranya biar bisa pindah ya? Tenang, teman-teman bisa melaksanakan seleksi pada objek monkey. Klik kanan objek Monkey, kemudian tekan tombol G pada keyboard. Kemudian geser objek kearah yang diinginkan.
  13. Secara otomatis objek akan mengikuti arah kursor teman-teman. Kemudian, Klik kanan pada daerah yang diinginkan. 
  14.  Tampilan akan ibarat berikut. Trus dari tadi kan kita cuma melihat bab samping dari objek. Gimana caranya melihat tampilan dari depan? Gimana caranya melihat tampilan dari samping? Tenang, teman-teman sanggup memakai sajian view yang berada di sebelah kiri bawah. Klik View. 
  15.  Akan muncul banyak konfigurasi ibarat berikut. Terdapat banyak Menu Vew pada Blender 3D. Cameras ialah sajian yang dipakai untuk mengatur tampilan scene pada blender 3D. 
  16.  Left dipakai untuk melihat dari sisi sebelah kiri scene. Right dipakai untuk melihat dari sisi sebelah kanan scene. Top untuk melihat scene dari sebelah atas. Bottom berfungsi untuk melihat scene dari sebelah bawah. Camera berfungsi untuk melihat scene yang akan tampil pada ketika dirender. Front berfungsi untuk melihat scene dari bab depan. Saya memakai tampilan front. 
  17.  Tampilannya akan sebagai berikut scene akan tampak bab depan ketika saya pilih front. 
  18.  Tampilan berikut akan tampak bab belakang, ketika saya pilih Back. 

  19.  Kemudian saya akan mengatur biar dalam satu scene terdapat beberapa sudut pandang sekaligus. Arahkan mouse ke bab tepi dari scene hingga bentuk mouse menjelma tegak lurus. Kemudian Klik kanan pada bab tepi scene, kemudian pilih split area. Split area dipakai untuk memecah scene menjadi beberapa bab dan join area dipakai untuk menggabungkan beberapa area yang telah dipecah. 
  20.  Lalu akan tampak garis yang akan mengikuti arah mause kita. Garis tersebut menawarkan lebar layar yang akan dipecah. Klik kiri apabila telah menemukan daerah yang pas. 
  21.  Tampilan sehabis dilakukan split akan menjadi ibarat berikut. 
  22.  Teman-teman sanggup mengganti tampilan pada area tertentu. Misalnya area sebelah kanan akan saya rubah sudut pandangnya, dengan car klik kiri sajian view.
  23. Pilih sudut pandang yang diinginkan kemudian klik sudut pandang tersebut.  Setelah tampilan saya ganti maka akan tampak ibarat berikut.
  24.  Split tidak hanya sanggup dipakai secara vertikal tetapi juga sanggup dipakai secara horizontal. Cara split sama ibarat sebelumnya, yaitu arahkan kursor ke tepi scene hingga kursor berubah bentuk kemudian klik kanan pada tepi scene, kemudian klik split area. 
  25.  Kemudian atur daerah yang ingin di split, memakai garis santunan yang telah disediakan oleh bender. Setelah ditentukan klik kiri pada temapat yang diinginkan. 
  26.  Tampilan akan ibarat dibawah ini. 
  27.  Teman-teman sanggup mengganti sudut pandang pada scene yang telah dibentuk dengan klik kanan pada sajian view. 
  28.  Pilih sudut pandang yang diinginkan misalkan saya pilih top. 
  29.  Maka hasil karenanya akan ibarat berikut.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat.