Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Bumper Video Dengan After Effect


Bumper Video merupakan media visual dan audio atau dalam bentuk video singkat yang terletak di bab awal sebuah jadwal atau dibagian simpulan sebuah program. Bumper video memperlihatkan kepada penonton inti dari isi jadwal yang akan ditayangkan atau disampaikan. Kemenarikan bumper video akan sangat memilih terhadap keberhasilan menggoda penonton untuk melanjutkan ke isi dari program.

Bumper video mempunyai tingkat persuasi yang tinggi terhadap ketersampaian isi jadwal kepada penonton. Terkadang hanya dengan melihat bumper dari sebuah jadwal penonton sanggup dengan gampang menebak dan mengetahui isi dari program. Selain itu, dengan bumper sanggup menumbuhkan rasa ingin tau dari penonton untuk melihat jadwal hingga akhir.

Bumper tidak hanya terdapat pada televisi tetapi juga terdapat pada radio. Bumper pada televisi mempunyai tujuan untuk menandai bahwa sebuah jadwal akan segera dimulai, lalu menandai peralihan antara iklan dan jadwal atau jadwal ke iklan, serta pertanda bahwa jadwal akan berakir. Dalam radio, bumper bertujuan untuk memperlihatkan peralihan antara iklan dan program, peralihan antara jadwal ke iklan, penanda simpulan program, dan sebagai pemberitahuan kepada pendengar sedang berada di stasiun mana.

Bumper disebut juga opening sequence yang pada umumnya mempunyai durasi antara 15-25 detik yang dipakai untuk membuka sebuah jadwal jadwal yang bertujuan untuk abjad jadwal yang akan ditampilkan. Di Indonesia, bumper lebih dikenal dengan animasi motion grafik yang pada awalnya dimulai ketika munculnya jadwal MTV di Indonesia, sehingga menumbuhkan animator grafik di Indonesia.

Bumper dibagi mejadi dua kategori, yaitu:
  • Bumper In ialah penanda untuk masuk ke sebuah program.
  • Bumper Out ialah penanda pada ketika jadwal akan berakir, baik pada ketika jeda antara jadwal dan iklan atau dengan jadwal dengan jadwal lainnya.
 Bumper biasanya diisi dengan tipografi, warna, efek-efek visual, backsound yang sesuai, dan objek visual lainnya. Bumper sanggup dibentuk dalam beberapa tools, antara lain:
  • Adobe Flash
  • Adobe After Effect
  • Blender 3D
  • 3DS Max
  • Macromedia Flash
  • dll.
Blog sayadodo juga sanggup memperlihatkan teladan bumper ibarat pada postingan berikut sayadodo.blogspot.com, Blog Berbagi Informasi Tentang Tutorial Multimedia Dasar Berbahasa Indonesia. Selain itu, berikut ialah teladan bumper yang lainnya dari sayadodo.