Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Tipografi After Effect Keren Tanpa Memakai Plug-In

Tutorial tipografi after effect merupakan salah satu bentuk kesenian memakai abjad - abjad dengan memakai aplikasi after effect. Pengaturan tipografi dalam after effect tidaklah sulit alasannya yaitu teman – teman hanya akan mengatur letak dan jenis abjad dalam composition. Letak dan jenis abjad sangat mensugesti keindahan, alasannya yaitu untuk melaksanakan modifikasi abjad dalam after effect kurang disarankan, soalnya after effect merupakan aplikasi composite dan bukan untuk grafis.

 

Tipografi keren dalam after effect yang akan kita buat ibarat gambar diatas. Makara kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara merubah huruf, mengatur ukuran huruf, mengatur jarak spasi, dan lain – lain. Dalam tutorial ini after effect yang dipakai yaitu after effect CS5. Tetapi, untuk melaksanakan tutorial ini, temen – temen sanggup memakai after effect dengan versi berapapun yang temen- temen miliki, alasannya yaitu kita hanya akan memakai basic tool after effect.


Tipografi After effect, Cara menciptakan tipografi dalam after effect

Pembuatan Compositing pada Tutorial Tipografi After Effect



Pertama, kita menciptakan sebuah compositing dahulu. Disini background telah di atur dengan warna biru. Temen – temen sanggup mengganti dengan warna apapun yang disuka. Apabila temen – temen belum sanggup menciptakan sebuah Compositing dan melaksanakan pengaturan terhadap Compositing, temen – temen sanggup melihanya di tutorial, Tutorial After Effect CS4, Cara Praktis Membuat Gradient.



Membuat Tipografi dengan Horizontal Line Tools



Tools yang kita gunakan dalam tutorial tipografi after effect yaitu Horizontal Type Tool atau temen – temen sanggup memakai (Ctrl + T). Fungsi dari Horizontal Type Tool yaitu untuk menciptakan huruf, angka, simbol, atau karakter apapun yang kita isikan.




Setelah menentukan Horizontal Type Tool, temen – temen sanggup pribadi melaksanakan Klik kiri pada bab manapun dalam Compositing yang telah dibuat. Melakukan klik diluar compositing sanggup saja teman – teman lakukan, tetapi balasannya tidak sanggup dilihat, alasannya yaitu semua yang ditampilkan harus berada di dalam Compositing.




Lalu kita lanjutkan dengan menciptakan goresan pena yang lainnya, dengan cara menentukan Selection Tool atau tekan pada keyboard (V). Kita harus menekan selection tool biar kita sanggup berpindah dari satu tuilsan menuju ke goresan pena yang lain.




Lalu pilih kembali Horizontal Type Tool untuk menciptakan goresan pena yang kedua. Tulisan sanggup diletakkan disembarang sempurna sesuai dengan impian temen – temen. Caranya sama dengan menciptakan goresan pena yang pertama tadi, ibarat klarifikasi diatas.




Setelah itu temen – temen pilih Selection Tool lagi untuk berpindah ke goresan pena yang ketiga.




Lalu, temen – temen menentukan Horizontal Type Tool untuk menciptakan goresan pena yang ketiga, dalam tutorial ini goresan pena ketiga diletakkan pada bab bawah goresan pena yang kedua.



Permasalahan yang Sering Terjadi dalam Tutorial Tipografi After Effect



Ketika terjadi duduk kasus layar Compositing atau layar tampilan menjadi hitam dan muncul goresan pena “Refresh Disabled”, permasalahan yang terjadi yaitu aktifnya abjad besar atau Caps Lock pada komputer kita, jadi temen – temen harus mematikan Caps Lock pada komputer biar layar pada after effect kembali ibarat semula.



Pengaturan Merubah Ukuran Huruf dan Jarak Huruf pada Tutorial Tipografi After Effect




Selanjutnya kita akan mencar ilmu melaksanakan cara merubah ukuran abjad di after effect. Langkah pertama yaitu seleksi objek yang ingin di dirubah pada layer objek, dengan cara melaksanakan Klik kiri pada Layer. Misal pada tutorial kali ini saya memakai layer dengan goresan pena power yang akan saya duplikasi.




Yang akan terjadi pada objek pada Compositing sehabis layer terpilih yaitu objek akan terseleksi, ibarat Gambar diatas. Hanya objek yang terpilih pada layer yang akan terseleksi. Kita sanggup memakai pemberian dari CTRL atau Shift untuk melaksanakan seleksi objek pada layer. Perbedaan Shift dan CTRL dalam pemilihan objek yaitu pada hasil seleksi. Apabila temen – temen memakai Shift, maka temen – temen sanggup melaksanakan Blok atau melaksanakan seleksi beberapa layer sekaligus, sedangkan CTRL dipakai untuk melaksanakan seleksi terhadap beberapa layer yang dipilih saja.
Setelah itu kita ganti ukuran dari abjad menjadi 500px yang sanggup dilakukan di font size atau merubah ukuran huruf. Setelah di klik kiri pada Font Size di Panel Character After Effect, temen – temen sanggup pribadi mengisi dengan angka yang diinginkan, dalam satuan pixel.




Setelah itu kita seleksi layer goresan pena OF TYPOGRAPHY pada Timeline After Effect. Kita akan merubah ukuran karakter dan jarak antar karakter pada goresan pena typography.




Pertama rubah ukuran pada panel Character dan isikan ukuran yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan temen – temen.




Kemudian temen – temen sanggup merubah jarak antar karakter dengan cara Set Tracking Characer pada panel Character. Aturlah sesuai impian dari temen – temen semua.



Cara Duplikasi Objek di Tutorial Tipografi After Effect




Setelah mengatur ukuran dan jarak antar karakter pada tutorial tipografi after effect, kini kita akan mencar ilmu cara duplikasi objek di after effect. Langkahnya pilih layer yang akan dilakukan duplikasi.




Setelah terseleksi, pilih Menu Edit kemudian pilih Duplicate atau (CTRL+D) pada keyboard.




Teman – teman sanggup melihat hasil duplikasi pada after effect yang muncul diatas layer aslinya. Fungsinya kita memakai bayangan pada goresan pena Power.




Setelah itu kita ganti nama goresan pena layer yang terdapat pada timeline. Dengan cara select layer yang akan diganti nama pada timeline after effect.




Kemudian klik kanan, kemudian pilih rename pada bab yang ingin dirubah nama layernya.




Lalu ketikkan goresan pena yang temen – temen inginkan. Pada tutorial tipografi after effect ini saya memakai nama bayangan.




Setelah itu seleksi layer bayangan dan atur letak biar ibarat bayangan dalam Composition after effect. Temen – temen sanggup melaksanakan geser dengan memakai anak panah pada keyboard.




Lalu, ganti goresan pena pada goresan pena yang terletak pada layer bayangan. Misalnya saya memakai jenis font yang ada pada gambar diatas. Temen – temen bebas mengganti jenis font sesuai keinginan.




Temen – temen juga sanggup merubah warna goresan pena pada composition after effect. Caranya seleksi goresan pena kemudian pilih color pada panel Character di after effect.




Kemudian kita duplikasi untuk memperlihatkan effect bayangan pada goresan pena typography. Dengan cara yang sama dengan langkah-langkah sebelumnya.




Lalu pilih Menu Edit – Duplicate atau memakai shortcut (CTRL+D).




Setelah selesai temen – temen sanggup melaksanakan pergantian nama atau rename layer yang diduplikasi dalam after effect.




Kemudian ganti sesuai dengan nama yang temen – temen inginkan. Dalam tutorial tipografi after effect ini saya memakai bayangan typo.




Setelah itu rubah posisi bayangan biar menjadi kasatmata ibarat yang dilakukan pada goresan pena power.




Lalu temen – temen daat merubah warna goresan pena di after effect dengan cara merubah color pada panel Character di after effect.



Membuat Shape dalam Tutorial Tipografi After Effect





Kemudian kita akan menciptakan sebuah garis dengan memakai Rectangle Tool pada after effect. Klik Rectangle Tool, untuk membuat  shape. Selain mempunyai bentuk kotak dalam after effect kita juga sanggup menciptakan bentuk lain, ibarat lingkaran.



Drag rectangle sampai keposisi yang diinginkan, sehabis selesai temen – temen sanggup melepasnya.




Karena kita akan menciptakan dua buah garis, maka kita harus melaksanakan duplikasi biar hasil yang didapat sama persis.




Setelah itu, temen – temen sanggup mengatur letak garis sesuai dengan keinginan.




Nah, hasil dari percobaan kita tutorial tipografi after effect akan ibarat gambar diatas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.