Praktik Indentifikasi Batuan di Kelas
Assalamualaikum wr.wb, teman-teman sekalian kali ini saya akan cerita sedikit tentang praktik indentifikasi batuan di kelas X.
Batuan merupakan salah satu materi yang masuk bab litosfer. Nah supaya anak-anak aktif, tidak bosan belajar batuan cuma liatin gambar aja di slide maka saya buat praktik sederhana saja.
Tujuannya biar mereka sedikit mengenal ciri fisik batuan. Indikator yang saya pakai adalah warna, tekstur, lubang udara, jumlah mineral dan berat.
Batuan merupakan salah satu materi yang masuk bab litosfer. Nah supaya anak-anak aktif, tidak bosan belajar batuan cuma liatin gambar aja di slide maka saya buat praktik sederhana saja.
Tujuannya biar mereka sedikit mengenal ciri fisik batuan. Indikator yang saya pakai adalah warna, tekstur, lubang udara, jumlah mineral dan berat.
Bapak/Ibu guru boleh memodifikasi tentang model pembelajarannya sesuai kebutuhan, saya hanya mencontohkan saja. Saya yakin bapak/ibu bisa lebih bagus dan baik lagi melakukannya di kelas. Jadi kurang lebih lesson plannya seperti ini:
1. Di pertemuan sebelumnya, guru sudah memberikan tugas kepada anak untuk mencari batuan di sekeliling rumah (bisa di sungai, pekarangan atau lainnya). Setiap siswa harus membawa satu buah batu saja dan dibawa ke sekolah di pertemuan mendatang.
2. Pada saat pertemuan tata muka, pertamakali guru menyiapkan lembar kerja praktik dan menjelaskan tentang indikator fisik batuan.
3. Siswa diberikan satu buah lembar kerja praktik identifikasi batuan.
4. Siswa diminta menyimpan batu di meja. Setiap anak nanti diminta mengidentifikasi batuan di tiap meja, giliran. Jadi kalau ada 40 anak berarti akan ada 40 kolom identifikasi, lumayan lama. Isiannya singkat saja, contoh gambarnya nanti di bawah.
5. Setelah semua kegiatan identifikasi selesai, maka guru akan memberikan penjelasan/ikhtisar tentang siklus/jenis/sifat/ciri batuan. Nanti siswa dan guru akan menyimpulkan jenis batuan dilihat dari ciri fisiknya dan dibantu dengan gambar slide di papan tulis untuk mempermudah penarikan kesimpulan.
Itulah contoh kegiatan identifikasi batuan di kelas yang saya lalukan. Silahkan modifikasi saja biar lebih baik dan asik di kelas. Lebih bagus lagi kalau puya komparator batuan yang isinya banyak dan menarik. Terimakasih.
Praktik Indentifikasi Batuan di Kelas |
Praktik Indentifikasi Batuan di Kelas |
Praktik Indentifikasi Batuan di Kelas |
Praktik Indentifikasi Batuan di Kelas |