Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tipografi Dalam After Effect


Tipografi ialah karya seni berafiliasi dengan aturan-aturan dalam penggunaan huruf. Fungsi dari tipografi ialah supaya setiap maksud dan arti goresan pena tersampaikan dengan baik secara visual kepada pembaca. Pada tipografi tidak terbatas pada pemilihan jenis huruf, kesesuaian dengan tema, ukuran huruf, latar belakang huruf, dekorasi huruf, tetapi juga sangat memperhatikan tata letak huruf.Pemanfaatan tipografi sanggup dilihat pada koran, majalah, desain grafis, poster, dan lain-lain.

Setiap karakter dalam alfabet mempunyai karakteristik tersendiri, sehingga mengakibatkan teman-teman  sanggup membedakan antara karakter 'a','b','c', dan karakter lainnya. Kita sanggup melihat perbedaan setiap huruf, sehingga kita sanggup membedakannya. Berdasarkan analisis dan evaluasi, setiap gambar sanggup dibedakan satu dengan yang lainnya. Mengenal atau membaca dan menganalisis gambar sanggup dilakukan dengan mengenal adanya kontras antara ruang posistif yang disebut figure dan ruang negatif yang disebut ground.

Pemilihan jenis karakter sangat menghipnotis karakter produk yang dipasarkan. Misalkan untuk produk pria jenis karakter yang ditampilkan akan cenderung lebih keras dan kuat. Tipografi akan menghidupkan teks, memperindahnya, dan menghipnotis pengguna untuk membaca keseluruhan isi teks tersebut. Pemilihan typeface teks akan sangat besar lengan berkuasa terhadap pembaca. Tentu, dikala mempersembahkan produk parfum perempuan mengunakan goresan pena yang kaku dan kasar, akan sangat tidak menarik bagi pembacanya.

Perbedaan antara font dan typeface yaitu lebih kepada sebuah kawasan penyimpanan dan karakter atau citra karya seni tulisan. Typeface ialah bentuk karakter tulisan, sementara font ialah sebuah media yang dipakai oleh komputer untuk menyimpan karakter typeface. Makara sudah sangat terang perbedaan antara font dan typeface.

Tipografi juga sanggup dipakai di banyak sekali media salah satunya animasi. Untuk menciptakan typografi yang baik harus diperhatikan tata letak, jenis huruf, ukuran huruf, dan lain-lain, sehingga pembaca tertarik dan tidak bosan meilihatnya. Dalam after effect terdapat banyak sekali macam dampak dan presets yang sanggup dipakai untuk menganimasikan huruf, sehingga sangat dimungkinkan pembuatan animasi tipografi di after effect.

Teknik animasi goresan pena dalam after effect lebih dikenal dengan kinetik tipografi. Banyak sekali contoh-contoh kinetik tipografi yang beredar di internet, sehingga teman-teman sanggup mencarinya, mempelajarinya, menirunya, dan menciptakan desain teman-teman sendiri. Berikut salah satu referensi kinetik tipografi dari sayadodo.blogspot.com.





Temen - Temen Dapat Melihat Tutorial Belajar Tipografi Dasar di sini yaa..


Tutorial Tipografi After Effect Keren Tanpa Menggunakan Plug-in

Belajar Tipografi After Effects Menggunakan Horizontal Type Tool Dasar 1